Pages

Kontroversi Lambang Garuda

December 15, 2010

Berawal dari sebuah post dari seorang teman di FB, yang intinya ada sebuah kontroversi terbaru lagi mengenai lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila, saya pun jadi tertarik untuk membahas. Saya kemudian search di google, dan menemukan berbagai macam artikel mengenai kontroversi Garuda yang terbaru.

Tentunya masih ingat dengan gambar ini kan?
Masih ingat dalam ingatan saya, beberapa bulan yang lalu, atau mungkin hampir setahun yang lalu, muncul sebuah kontroversi dari sebuah perancang desain terkenal di luar negeri. Armani Exchange, dengan logonya AX memasukkan desain lambang Garuda dalam desain terbarunya. Tentunya, hal ini mendapat respon yang luar biasa dari msayarakat Indonesia. Ada yang berpendapat, pemakaian lambang garuda di luar negeri justru membuat kita bangga, karena artinya lambang itu dihargai. Tapi ada pula yang menganggap itu adalah sebuah pelecehan.

Saat ngobrol-ngobrol bareng temen, saya sempet nyeletuk sambil guyon
Lha, lambang garuda di pake Armani aja pake ribut, padahal kan timnas Indonesia juga pake kaos yang ada lambang garudanya, kok ga diributin?
Eh, ternyata berbulan-bulan dari celetukan saya itu akhirnya benar-benar terjadi. Seorang pengacara yang juga mengaku pecinta timnas, David Tobing, baru-baru ini menggugat timnas PSSI yang menggunakan lambang garuda di kaos Timnas sepakbola kita. Beritanya seh saya ga akan ulas, sepertinya sudah banyak artikel atau media yang menulis tentang ini. Kalau belum, mungkin baca berita ini saja.

Mungkin memang benar, hal itu melanggar hukum. Tapi, terlepas dari dunia hukum, mengingat saya bukan orang hukum, tentunya pasti ada dasar yang mendasari "para pendahulu" kita saat menggunakan lambang garuda di kaos timnas negara kita. Memang sih, setiap saya menonton pertandingan sepakbola antar negara, biasanya di World Cup, biasanya saya melihat lambang Persatuan Sepakbola-nya, misal negara Belanda memasang logo KNVB, Italia memasang FIGC-nya, Inggris memasang logo Three Lionnya, dan masih banyak lagi yang saya lupa*...

Karena saya bukan orang hukum, saya jadi pengen bertanya, "Apa sih salahnya lambang garuda dipasang di kaos timnas itu?". Selama beberapa tahun tidak ada kontroversi, kenapa baru sekarang kontroversi seperti ini?. Menurut pendapat saya, selama negara Indonesia tidak dilecehkan, tidak dirugikan, sepertinya wajar-wajar saja. Kalau Chris John memakai lambang garuda di celananya, bagi saya seh sah-sah saja. Selama dia tidak membuang celana itu ke tanah, kemudian menginjaknya.

Kita tahu sendiri Indonesia akan melakoni babak semifinal Piala AFF Suzuki Cup melawan Filipina tanggal 16 dan 19 Desember 2010 besok. Saya rasa, timnas Indonesia akan selalu bangga, dengan atau tanpa lambang garuda di kaos mereka. Karena lambang garuda tidak tertempel pada kaos mereka, tapi di hati mereka. GARUDA DI DADAKU!!

Tetap semangat Timnas Indonesia. Kami rakyat Indonesia pasti mendukungmu.....

1 comments:

Yacob said...

Biar lambang Garuda itu tidak ada di kaos, tapi ada di otak, dan di hati kita... hidup Indonesia...!!!!

Post a Comment