Pages

IONOPOLIS : Game Sosial Media Pertama di Indonesia

December 15, 2010

Status lu kok ngiklanin Pocari Sweat trus?”
"Kerja di pocarisweat ya, Ri?"
Promosi terus, Ri...
Mungkin pertanyaan atau pernyataan diatas seringkali saya dengar setelah mengikuti sebuah game online. Berawal dari sebuah post di home saya, tertera sebuah link dari seorang teman FB yang nge-post ini. Awalnya saya pengen coba-coba aja, dan pikirnya ini pasti game "ra mutu" [ga mutu] yang biasa dan norak. Bahkan sempat 1-2 hari saya lupa game ini. Tetapi, ternyata saya salah...game ini ternyata sangat norak. Liat aja screen shoot berikut



Sungguh kocak menurut saya, tidak seperti game-game yang biasa saya temui yang biasanya menggunakan flash atau perlu spech komputer yang tinggi. Hanya perlu sebuah koneksi yang "lumayan" untuk memainkan game ini. Ternyata, setelah diselidiki, game ini adalah salah satu promosi minuman pengganti ion tubuh yang sering kita denger iklannya di TV, Pocari Sweat.

Selain promosi, tentunya ada tujuan lain. Pihak Pocari Sweat sepertinya gencar untuk mengedukasikan kepada masyarakat luas, betapa bahayanya dehidrasi tersebut. Setiap saat, setiap waktu kita bisa saja kehilangan cairan ion tubuh.
Game ini berkisahkan sebuah kota imajinasi, bernama IONOPOLIS, yang kabarnya diserang makhluk-makhluk jahat [yang selanjutnya kita beri nama monster] penyebab dehidrasi. Pocarian, julukan bagi pemain game ini, akan bertugas membasmi monster tersebut dengan cara serang yang unik. Nantinya, pocarian akan mendapatkan point, semakin banyak point, semakin besar peluang mendapatkan hadiah yang sangat menggiurkan, setidaknya buat saya.

Gimana seh cara maennya?
Setelah mendaftar, cukup dihubungkan dengan akun FB/Twitter kita. Nantinya kita akan memilih monster yang akan kita lawan. Total ada 13 monster di 6 tempat yang berbeda-beda. Uniknya, monster-monster yang kita lawan merupakan perwujudan dari benda-benda yang sering kita lihat sehari-hari. Kalo mungkin di game lain ada Health Points, disini juga ada yang namanya Hydration Meter, yaitu pengukur tingkat hidrasi kita. Jika sudah 0%, artinya kita ga bisa lawan monster lagi jika tidak di recharge. Ada beberapa cara serang yang digunakan :
  1. SHOUT ROULETTE, jika sudah terhubung dengan akun FB/Twitter, kita bisa menggunakan cara ini. Tinggal tekan SHOUT, maka status update atau tweet kita akan diisi oleh aplikasi dari Ionopolis. Cara ini lebih sering dianggap spam, karena "mengotori" timeline kita di FB/Twitter. Tapi, bagi saya, cara ini yang "menjerumuskan" saya ke dalam game ini.

  2. FOURSQUARE CHECK-IN, jika anda bisa menggunakan akun foursquare, bisa digunakan cara ini. Tinggal check-in ke tempat dengan kategori tempat dan shout yang sudah ditentukan, pocarian bisa mendapatkan 10 point dari cara ini. Hanya saja, cara ini maupun shout roulette hanya bisa digunakan sehari sekali. Jadi butuh waktu yang lama untuk membasmi monster jika mengandalkan cara ini.

  3. TRIVIA FIGHT, salah satu cara yang aku suka. Disini kita akan disuguhi pertanyaan mengenai dehidrasi, pengetahuan umum, dan tak kalah menarik, hitung-hitungan jg ada disini. Liat aja salah satu contoh soalnya :
    Atau mau coba soal hitung-hitungan??

  4. IONOGAME, cara ini cara yang paling "dibenci" pocarian, karena perlu flash player dan koneksi yang lumayan. Jika tidak, hydration meter kita akan berkurang 50% dengan sia-sia. Cara mainnya pun lumayan sulit, perlu ingatan yang cukup kuat. Saran seh, minum suplemen penguat daya ingat dulu sebelum pakai cara ini. :D

  5. MINIGAME, hampir serupa tapi tak sama dengan ionogame, cara ini juga lumayan sulit. Sebenarnya game ini terpisah dari game ionopolis, tetapi untuk mendapatkan point di ionopolis, kita harus mendapatkan point minimal 28.000 agar bisa mengalahkan monster Inti dari minigame adalah mengarahkan Pocariman untuk mencari orang-orang yang dehidrasi dengan tombol keyboard, kemudian akan disuguhi pertanyaan, point yang dikumpulkan dari pertanyaan tersebut harus melebihi 28.000.
Kalo cara serang, cuman ada 6 seperti diatas. Tapi, untuk mendapatkan point, masih berbagai banyak cara, seperti :
  • QR CODE, atau Quick Response bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi (Wikipedia). Ada beberapa QR code yang nantinya jika di decode akan menuju sebuah link yang point kita bisa langsung bertambah, seperti QR code yang ada di daerah Pancoran, Jakarta.

  • Kuis dadakan #ionopolis, biasanya kuis ini diberikan jika kita terus memantau wall FB/Twitter Pocari ID, di sini atau di sini.
    Salah satu kuis dadakan

  • Kuis prambors FM, mengingat salah satu pendukung acara ini, maka biasanya penyiar radio prambors FM akan sesekali memberikan link pertanyaan yang akan menambah point kita.

  • Referal, mirip seperti MLM, sapa yang mengajak, dia yang dapat point. Bila kita mengajak teman kita untuk ikut game ini melalui link referal kita, maka kita akan mendapatkan bonus 35 point, lumayan kan??

  • Cheer, nah disini point pentingnya. Saya mengira-ngira, 80% dari point saya berasal dari cheer. Apa itu cheer?? Cheer adalah perayaan kemenangan setelah kita membasmi monster. Nantinya, jika kita membasmi 1 monster, kita dapat 1 link. Kita sebarkan link itu ke temen-temen kita. Jika satu link diklik 1 orang, kita dapat tambahan 5 point. Karena ada 13 monster, berarti ada 13 link. Nah, artinya, jika 1 orang ng-cheer semua link, artinya kita dapat tambahan 65 point, sangat lumayan....
Kalo kita sudah dapet point gede, terus hadiahnya apa?
Ini dia.....nantinya setiap 2 minggu, akan dipilih 3 besar yang akan memenangkan hadiah berupa Ipod Shuffle 2GB. Tentunya yang sudah pernah mendapatkan ipod shuffle, tidak bisa mendapatkan lagi 2 minggu kemudian. Denger-denger, cuman ada 4 periode, yang artinya akan berakhir 16 Desember besok. Jadi, sangat disayangkan sekali jika ada teman2 yang baru bergabung, tapi ga ada yang ga mungkin. Sapa tau ternyata kamu seorang artis yang bisa mendapatkan 1000 referal dalam sekejap.

Nantinya, akan dipilih 100 besar, dan akan menjalani tantangan selanjutnya. Seperti apa itu? Saya juga belum tahu pasti. Kabarnya, pocarian akan membuat komik, dengan menggabungkan foto sendiri dengan foto yang diberikan oleh Pocari Sweat. Selanjutnya, akan disaring menjadi 10 besar yang berhak menerima hadiah IPOD NANO dan voucher gramedia senilai Rp.1.000.000, apa ga lumayan tuh?

Setelah 10 besar, akan disaring kembali menjadi 2 besar. Hadiahnya? JALAN-JALAN ke JEPANG!!! Sapa yang tidak mau?

Kalo saya sendiri, baru-baru ini berhasil menjadi 3 besar dalam periode 3. Dan..tarararara.....
Senin lalu, IPOD super duper imut udah datang.... Asyikkkk....


Bener-bener dewi fortuna sedang disampingku. Dengan adanya ipod ini, saya baru tau, ternyata masukin lagu ke si-ipod lumayan rumit. But, seumur-umur baru kali ini dapet ipod gratisan.

Kurang dari 24 jam akan diumumkan pemenang periode 4. Selanjutnya akan dipilih 100 besar. Doakan ya teman...

Bisa ke Jepang ga ya??

1 comments:

Yacob said...

Hehehe... akhirnya lanjut nulis juga...
semoga nanti dapet yang G*******, terus aku dibagi patennya 1/4 nya...
Ri, ada sesuatu mau takkasih ke kamu... buat SRABI....

Post a Comment